DAI KAMTIBMAS MABES POLRI SILATURRAHIM KE PONPES WALI BAROKAH

Jumat pagi (10/08) Kombes Pol Drs. Muhammad Elia Wasono Mastoko, SH, MH berkunjung di PP Wali Barokah. Kombes Pol Muh. Elia merupakan Pembina Da’i Kamtibmas Mabes Polri. Tiba di pondok diterima langsung oleh Ketua Ponpes Wali Barokah KH.Sunarto, Ketua DPD LDII Kota Kediri H.Usman Arif, serta beberapa ustadz dan pengurus. Kunjungan bersama Tim Supervisi dari Mabes Polri ini dalam rangka silaturahim dan supervisi ke Polres Kediri Kota & sekitarnya.

Pada acara tersebut turut mendampingi AKBP Linda Novita dari Mabes Polri, Kapolres Kediri Kota AKBP Anthon Haryadi, S.Ik, MH, Kasat Binmas AKP Kus Sumardi, SH, Kapolsek Pesantren Kompol Siti Nurinsana Natsir, dan jajaran.
Pihak pondok menyambut baik kunjungan Kombes Pol Muh. Elia yang pernah menjabat sebagai Direktur Sabhara Polda Jatim. Hal ini sebagai wujud komunikasi baik yang sudah terjalin antara pondok pesantren dengan jajaran aparat kepolisian. “Setiap Senin kita juga melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih sebagai salah satu upaya untuk menanamkan kecintaan dan bangga menjadi bangsa Indonesia, bahkan beberapa kali yang menjadi irup dari rekan-rekan Polres”, kata KH.Sunarto.
Ribuan santri Ponpes Wali Barokah yang berasal dari penjuru nusantara dengan latar belakang kultur yang berbeda-beda menjadi perhatian serius bagi pengurus pondok. “Untuk itu kami perlu menggandeng jajaran kepolisian untuk ikut membantu memberikan pembekalan pengamanan serta kamtibmas kepada pengurus & para santri,” lanjut KH.Sunarto
Perlu diketahui bahwa Kombes Pol Muh. Elia selain pendiri juga sebagai Pembina FKPM (Forum Kemitraan Polisi Masyarakat) Da’i Kamtibmas. Tujuan pembentukan FKPM ini untuk mewujudkan kamtibmas yang kondusif di wilayahnya dengan cara menyampaikan masukan dan saran kepada Polri secara timbal balik. Serta meningkatkan kesadaran dan kepatuhan hukum secara aktif membantu mencegah dan mengatasi tejadinya pelanggaran hukum di wilayah kelurahan atau desa.
“Jika FKPM Dai Kamtibmas mampu melakukan tindakan preventif, maka tidak perlu masyarakat mengajukan masalahnya melalui ranah hukum,” Kata Elia.
Di sela-sela kunjungan di pondok, Kombes Pol Muh. Elia juga melihat secara langsung fasilitas pondok, termasuk fasilitas pengelolaan dapur pesantren. Kunjungan ke Kota Kediri menjadi spesial karena Kombes Pol Muh. Elia merupakan asli putra Kediri. Sehingga kesempatan ini dimanfaatkan secara baik untuk bernostalgia / bercerita masa lalu.
Setelah kunjungannya ke Kota Kediri rombongan melanjutkan perjalanan ke Madiun.
(mzda)

Author: admin wali barokah

Leave a Reply

*